Senin, 12 Juli 2010

Pasarkan Potensi Desa, Sekdes Belajar IT

Categories: ,

Internet merupakan jendela informasi. Ingin tahu informasi apa saja, cukup buka internet. Hal inilah yang dirasakan ABDUL WAHID Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Krembung Sidoarjo di sela pelatihan membuat Blog, di ruang workshop Lantai 3 Hi-Tech Mall Surabaya, Sabtu (17/04).

Pada suarasurabaya.net, ABDUL menjelaskan dengan pelatihan IT ini diharapkan Kecamatan Krembung Sidoarjo bisa dikenal luas oleh masyarakat. “Dari posisinya saja, jelas Krembung berada di ujung selatan Sidoarjo. Untuk perkenalkan desa ini harus ada sesuatu yang bisa diunggulkan. Dan itu dimulai dengan pembekalan perangkat desa yang melek IT,”paparnya.

Selama ini sudah ada perangkat IT yang disiapkan Kecamatan Krembung dengan hot spot area di 19 desa yang ditempatkan di Balai Desa. “Dengan menggunakan koneksi Speedy 1 Giga, plus antena dan modem dibagi untuk 19 desa dan biayanya dari Kecamatan. Pelatihan ini makin menambah wawasan perangkat desa dalam mengaplikasikan IT di pekerjaan. Misalnya, kirim surat bisa lewat email, mau cari Perda (peraturan daerah) cukup buka internet,”tukasnya.

Apalagi di Kecamatan Krembung, kata ABDUL, hampir 99% Sekretaris Desa (Sekdes) sudah PNS. Jumlah perangkat desa yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 38 peserta inti yang terdiri dari Sekdes dan petugas TU, ditambah perangkat desa lainnya.

Sementara itu, PRATI KUSDIANI Camat Krembung menegaskan pelatihan perangkat desa ini melanjutkan program IT yang sudah diterapkan 1 tahun lalu. Apalagi selama ini untuk akses internet dan pengadaan IT menggunakan dana swadaya Kecamatan.

“Dengan mengikuti pelatihan, akan meningkatkan SDM dari perangkat desa. Diharapkan kinerja makin meningkat. Masyarakat desa juga tidak akan gagap teknologi. Dulu saat dipasang hot spot di Balai Desa, perangkat desa banyak juga memanfaatkan untuk FaceBook-an. Nah, sekarang dengan pelatihan, lebih diarahkan pada peningkatan kinerja mereka,”tukasnya.

AFIF ZUHRI A mahasiswa ITS jurusan Elektronika semester 8 yang bertindak sebagai pembimbing, menjelaskan, pelatihan bagi perangkat desa Kecamatan Krembung ini merupakan program Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) yang diikutinya, yakni Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bidang Pengabdian Masyarakat.

Obyek sasaran yang dipilih yakni perangkat desa Kecamatan Krembung, kata AFIF, karena desa sudah sustainable, masyarakat punya kemauan untuk maju dan punya tujuan.

Pelatihan pada perangkat desa, menurut AFIF, ini untuk membangun infrastrukturnya dengan memperkuat wawasan perangkat desa. “Melalui Camat paling tidak perangkat desa merasa terdorong belajar lebih giat. Sedangkan untuk materi pelatihan, IT dasar hingga membuat Blog. Kalau mereka punya Blog, bisa memasarkan potensi desanya,”ujarnya.

Pelatihan yang berlangsung hingga Mei 2010 ini, tambah AFIF, akan dilanjutkan dengan mentoring ke desa. “Memang mentoring ini tidak semua desa, dan ditujukan untuk melihat seberapa besar penyerapan mereka terhadap materi pelatihan yang diterapkan pada pekerjaan mereka,”tukas AFIF. (tin)

Sumber : Suara Surabaya, Website ITS

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Pasarkan Potensi Desa, Sekdes Belajar IT"

Posting Komentar